Brand identity merupakan cara perusahaan memperkenalkan diri kepada publik. Mudahnya, brand identity adalah apa yang membuat publik langsung mengenali merek. Publik akan menghubungkan brand identity dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Tapi ada beberapa elemen yang harus ada dalam brand identity mu, yuk simak sampai selesai!
Logo
Logo merupakan hal yang paling diingat oleh publik, karena hampir semua yang berhubungan dengan bisnis baik produk, media sosial, website hingga pada media promosi seperti kartu nama, kop surat juga mencantumkan logo perusahaan.
Bentu Menarik
Bentuk yang menarik juga menjadi salah satu faktor penentu keputusan konsumen. Tidak hanya dalam lingkup kemasan, tapi juga penyajian interior, desain website, desain media sosial, penampilan juga masuk dalam eleman bentuk menarik.
Warna
Pemilihan warna dalam produk sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan. Produk yang memiliki warna menonjol akan lebih mudah dikenali dan diingat oleh publik. Selain itu, warna dapat menunjukkan kepribadian perusahaan pada publik.
Bahasa
Perlu diperhatikan bahwa bahasa metupakan elemen yang diterapkan pada seluruh elemen bisnis. Oleh sebab itu, gunakan bahasa yang sesuai dengan identitas dari merek.
Template
Elemen ini biasanya ditemukan dalam hal surat menyurat dan dokumen. Menggunakan template untuk hal ini akan memberikan kesan nuansa yang terpadu, kredibel dan profesional. Bahkan hal kecil seperi tanda tangan pada email juga perli dibuat template agar sesuai antara satu dan lainnya.
Konsistensi
Konsisten dangat dibutuhkan dalam seluruh elemen brand identuity. Konsisten dalam menentukan tujuan merek, logo, penggunaan warna, bahasa, template dan lain sebagainya.
Fleksibilitas
Selain konsisten, namun juga memerlukan fleksibilitas dalam hal tertentu. Fleksibilitas memingkinkan dalam penyesuaian promosi, slogan, ataupun nodifikasi identitas untuk membuat publik tertarik. Namun, tetap perllu diperhatikan agar tetap konsisten pada seluruh elemen merek.
Dokumen
Cara paling efektif agar identitas yang dibangun tetap konsisten yaitu dengan membuat seperangkat pedoman yang mendokumentasikan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh merek agar ettap dalam aturan. Membuat pedoman akan mempermudah tim dalam membangun identitas merek.
Emosi
Identitas merek yang kuat dapat membangun hubungan dengan publik secara emosional. Ini merupakan dasar dalam membangun hubungan antara publik dengan merek.
Promosi
Promosi adalah cara yang harus dilakukan untuk memperkenalkan merek pada target pasar. Cara ini adalah cara yang tepat untuk membuat publik mengetahui identitas merek.
================================================
Website : soerabaja45.co.id
official akun Instagram @soerabaja45.id
official akun TikTok @soerabaja45printing
WA Center: wa.me/6281131133355