Brand guideline dipahami sebagai panduan dasar dalam membangun dan mengelola sebuah brand. Didalamnya berisi aturan dan batasan yang harus dipatuhi oleh tim yang didalamnya memiliki beberapa elemen.
Elemen-lemen berikut yang wajib ada dalam brand guideline, yuk simak sampai tuntas!
1. Color Pallette
Penggunaan palet warna dapat mendefinisikan warna untuk menciptakan tampilan dan nuansa yang konsisten. Untuk membuan paduan warna, mayoritas brand memilih empat warna atau kurang dan juga menggunakan warna turunan dari warna logo perusahaan.
Umumnya, penggunaan panduan warna sebuah merek menggunakan dua bagian, yaitu promary brand colors (digunakan pada logo) dan secondary brand colors (digunakan pada website, brosur dan exhibition stand).
Adapun kode warna menggunakan kode RGB dan CMYK agar palet warna yang diproduksi tepat dan akuran, baik untuk keperluan digital maupun cetak.
2. Typography
Typography atau tata huruf merupakan elemen visual yang harus didokumentasikan secara lengkap. Pedoman mengenai tata huruf mencakup jenis font, ukuran font, hingga tingkat penggunaannya (judul, sub-judul, dan paragraf) ketika diaplikasikan dalam sebuah desain.
3. Logo Design
Desain logo dapat mencakup pedoman mengenai batasan ukuran, warna yang boleh digunakan dan juga ketentuan jika ditampilkan dalam latar belakang yang berbeda. Penggunaan pedoman logo desain juga mengatur tampilan contoh penggunaan logo yang tidak baku untuk mencegah kesalahan, seperti merenggangkan logo yang tidak simetris atau menggunakan logo yang samar menyerupai latar belakang.
4. Imagery
Imagery atau pencitraan membantu menunjukkan pada publik agar mengetahui citra pada suatu brand. Banyak pendekatan yang dapat dilakukan. Seperti website ataupun media marketing lainnya, misalnya icon, watermark, dan foto.
5. Brand Tone
Brand tone yang dimaksud ialah nuansa gaya berkomunikasi yang mencakup rangkaian kata yang dipilih dan digunakan agar dapat menyampaikan pesan dan identitas merek. Buat identitas merek dengan mempelajari gaya komunikasi yang ingin dimunculkan agar menjadi familiar untuk target audiens kamu.
6. Brand Stationery
Istilah stationery atau alat tulis dalam brand guideline mencakup semua barang yang digunakan untuk mewakili citra perusahaan. Umumnya, brand stationery ini berbentuk blanko surat dan kartu nama.
7. Sosial Media Type
Brand guideline juga harus mencantukan gaya komunikasi dalam bersosial media agar perusahaan memilki panduan yang sesuai dalam mengatur bagaianabrand tampil dan berhubungan dengan audiens.
Umumnya, media sosial di beberapa perusahaan dikelola oleh beberapa orang. Sehingga, harus memiliki panduan agar postingan perusahaan dimedia sosial senantiasa jalan beriringan dengan identitas brand.
Demikan penjelasan singkat mengenai elemen yang harus ada dalam brand guideline secara garis besar. Konsistensi dalam membuat branding memang sangat penting agar mudah diingat oleh publik.
=================================================
Website : soerabaja45.co.id
official akun Instagram @soerabaja45.id
official akun TikTok @soerabaja45printing
Kontak CS kami: wa.me/6281131133355